Salat Jumat pertama di Masjid Hagia Sophia - BBC News Indonesia

  Ditonton 572,427

BBC News Indonesia

20 hari yang lalu

Mimpi ribuan umat Muslim untuk salat di Hagia Sophia terwujud. Hari ini, 24 Juli 2020, untuk pertama kalinya dalam 86 tahun, salat Jumat digelar di sini.
Muslim di Istanbul berbondong-bondong datang, bahkan sejak kemarin, untuk menjadi saksi peristiwa bersejarah ini.
Namun bagi warga Turki yang sekuler, seperti penulis Orhan Pamuk, diubahnya Hagia Sophia dari museum menjadi masjid merupakan tanda bahwa identitas Turki sebagai negara sekuler telah dihapus.
Baca pengalaman mahasiswa Indonesia yang mengikuti salat Jumat pertama di Hagia Sophia di sini: bbc.in/2D7DeTW
#HagiaSophia #Istanbul #Turki
============
Berlangganan channel ini di: bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: bbcindonesia
Twitter: BBCIndonesia
Facebook: BBCNewsIndonesia/

Komentar
Ricardo S.
Ricardo S. Jam Yang lalu
Saat ini, sejak diubah menjadi masjid dan dihadiri oleh ratusan jemaah, sebanyak 500 orang yang berada di dalam masjid termasuk anggota parlemen dan jurnalis telah terdiagnosis penyakit Covid-19. Semua itu terjadi karena di Hagia Sophia, tidak diberlakukan aturan social distancing atau jaga jarak sosial yang ketat serta tidak ada aturan memakai masker. Angka kasusnya meningkat dengan cepat menjadi 1.000 orang usai Shalat Hari Raya Idul Adha.
Magdalena Sllhi
Magdalena Sllhi 6 jam yang lalu
Nggak lama kemudian Muazin Hagia Sophia meninggalkan???๐Ÿคฃ Tuhan Allah-Ku telah Bekerja ๐Ÿ˜‡ Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman. Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepadaNya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. (Rom 1:18,21-22)
Reny Gares
Reny Gares 21 jam yang lalu
Subhanallah mg pnjng umur sehat selalu bk presiden turki edorgan trimksih ats difungsikan kembali ny ayasofia mnjdi masjid,,sys sbg umat muslim sngt senang bgtupun umat muslim di seluruh dunia lain ny
Ahmad Pebrian
Ahmad Pebrian 2 hari yang lalu
Semoga ini menjadi awal kemenangan Islam
Maria Simorangkir
Maria Simorangkir 2 hari yang lalu
Pada akhirnya semua yang kalian rebut akan kembali lagi
Muhammad Yunan
Muhammad Yunan 2 hari yang lalu
Subhanallahhh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
LD MANIK
LD MANIK 3 hari yang lalu
Muazinnya sudah dihukum TUHAN YESUS dineraka,itu peringatan nyata.
Hendra Derma
Hendra Derma 5 hari yang lalu
Alhamdulillah.., AllahuAkbar
Nur Mustafa
Nur Mustafa 6 hari yang lalu
Siluman dari gua Hira telah masuk di Basilica agung Hagia Sophia, basilica yg dibangun untuk memuji Tuhan semesta alam. Dunia akan semakin hancur karena siluman ini.
Jhon Pieter
Jhon Pieter 6 hari yang lalu
Gereja katedral di italy banyak yg berkubah. Berkubah itu juga ciri khas gereja ortodoks.
Alizainal Abidin
Alizainal Abidin 6 hari yang lalu
ALLOH MAHA SEGALA GALANYA
dower dower
dower dower 7 hari yang lalu
Sekuler anti tuhan
dower dower
dower dower 7 hari yang lalu
Kristen Ortodoks, Kristen Katolik, Kristen Protestan.
Iphigenia
Iphigenia 8 hari yang lalu
Cuman sebuah bangunan diributin
Ian Ahmad
Ian Ahmad 8 hari yang lalu
Bangsa Turki tumbuh dan besar dalam islam, itu akar yg sebenarnya, sekuler sejauh ini hanyalah tong kosong...Allahuakbar
muhajir Ajhir
muhajir Ajhir 10 hari yang lalu
Alhamdulillah kami muslim indonesia sangat gembira. hagia shopi kembali jadi mesjid. Masyaallah.๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
wahyu1313
wahyu1313 10 hari yang lalu
Masha'Allah Tabarakallah Bapak Presiden Turki Mr Recep Tayyip Erdogan ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉโค๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ท
Ijudin Karim
Ijudin Karim 12 hari yang lalu
Hahahaa namanya orang yang nentang pak erdogan sama kaya namanya musuhnya sultan al-fatih (kaisar orhan) wkwkwkwkk
vepop
vepop 10 hari yang lalu
@Aria Strwn Maksudnya Sultan al-Fatih sudah wasiatkan bangunan itu menjadi masjid.
Aria Strwn
Aria Strwn 11 hari yang lalu
Gak ngerti
Agung Dwi Kurniawan
Agung Dwi Kurniawan 12 hari yang lalu
Mereka Berusaha menutup cahaya, tetapi Allah menambah sinarnya hingga terang benerang menghapus kegelapan. Allahuakbar
Multatuli 19
Multatuli 19 12 hari yang lalu
Bangunan dengan hitungan matematis paling akurat di zamannya.sekian kali gempa, restorasi,masih tetap indah dan kokoh.
ibal karafa
ibal karafa 13 hari yang lalu
Inilah Kemuliaan Islam , hagia Sophia di jadikan tempat Ibamdah !! Sedangkan Mereka(org2 yg Bukan muslim) punya Mau Hagia shopia Untk di jadikan Tempat distinasi yg datang dengan Berbuasana2 Telanjang(kek telanjang , yg cuman pandang sana-pandang sini yg tidak ada PaedahNya dan Hanya Menimbukan Kemurkaan Tuhan !! Lihat selagi Ribral Berkuasa Maka Hagia sophia hanya Di jadikan tempat2 diskotik/bar dan minum2n kersa doang !!
Indonesia maleo
Indonesia maleo 13 hari yang lalu
Alhamdulillaah...
Dhanny X-ONE
Dhanny X-ONE 13 hari yang lalu
Assalamualaikum... Salam hangat untuk muslim didunia
sijibukay pantura
sijibukay pantura 13 hari yang lalu
Gk tau mau bilang apa,, Yng jelas allahuakbar,,
Preman Kampung
Preman Kampung 13 hari yang lalu
Masyaallah
Black Kutaisi
Black Kutaisi 13 hari yang lalu
My name is Hagia Sophia and my historical values are occupied by Turkey. Hagia Sophia is an indivisible part of the ORTHODOX world. This is Costantinipole, Greece not Istanbul, TR.! Take back your mosque, this is an Orthodox Cathedral. GLORY TO GOD JESUS. amen.
vepop
vepop 7 hari yang lalu
@Black Kutaisi hahahahaha .. yr wild accusation is nothing new. If he is accused then the Christian God is a pedophile as well .. impregnated Mary while she was 10 years old. ๐Ÿ˜Š
Black Kutaisi
Black Kutaisi 7 hari yang lalu
@vepop They don't know the price of history, they know only them pedophile "prophet"๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
vepop
vepop 7 hari yang lalu
@Black Kutaisi "historical value" to which group of people? They tend to have different views. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
Black Kutaisi
Black Kutaisi 9 hari yang lalu
@vepop โ€‹ Do you know the meaning of "value"? and after then do you know meaning "historical value". In Conclusion, if you don't know true history just do not talk about it. Think about your fake religion which is a religion of killing and terror. Think about your pedophile Muhammed.
vepop
vepop 10 hari yang lalu
@Black Kutaisi fake dream? hahahahaha... it is yours not me. I repeat Hagia Sophia is no longer the property of the ORTHODOX world. Read the history! ๐Ÿ˜Š
arief darmawan
arief darmawan 13 hari yang lalu
Kafir kepanasan
Ramdhan Raditya 2506
Ramdhan Raditya 2506 14 hari yang lalu
Kucing Hagia Sophia gimana ya
Juan Raseac
Juan Raseac 14 hari yang lalu
Gpp ambil aja, turki mmng negara muslim jadi why not? Mengubah gereja menjadi masjid. Sah sah aja
Giber Ginting
Giber Ginting 14 hari yang lalu
BERAPA UMUR PENONTON SETIA BBC NEWS INDONESIAN ?? ๐Ÿ‘‰6-30 ๐Ÿ‘ ๐Ÿ‘‰31-60 ๐Ÿ’ฌ MOHON IZIN TEMAN-TEMAN BANTU MAMPIR KE CHANNEL SAYA, SAYA HANYA PUNYA HP KENTANG YANG NIAT JADI KONTEN KREATOR DI IDshow
Tri Bayu Irawan
Tri Bayu Irawan 14 hari yang lalu
Tabarakallah
KKN_DR 126.Samarinda
KKN_DR 126.Samarinda 14 hari yang lalu
Ma sya Allah
yt bos gaming Ottoman
yt bos gaming Ottoman 14 hari yang lalu
Ottoman
Nhแบญt Kรฝ Online
Nhแบญt Kรฝ Online 14 hari yang lalu
Nice video thank you ๐Ÿ‘ ๐ŸŒบ๐ŸŒธโค๏ธ๐ŸŽ
hesty kurniawaty
hesty kurniawaty 14 hari yang lalu
Maaha Allah ๐Ÿฅฐ
Bang gurih
Bang gurih 14 hari yang lalu
Semoga masjid hagia sophia tetap menjadi masjid bagi umat muslim sampai akhir zaman aamiin
NAGAN Project
NAGAN Project 14 hari yang lalu
Allahu akbar
Maya Agustian
Maya Agustian 14 hari yang lalu
Someday heree... after mekkah ๐Ÿคฒ aamiin.. Bapak Presiden Erdogan ๐Ÿ‘
Sherly Mona Friscilia
Sherly Mona Friscilia 14 hari yang lalu
ma syaa Allah ๐Ÿ’™
ridho khairian
ridho khairian 14 hari yang lalu
Andai Indonesia ku bersatu dalam agama Islam,, semoga pemimpin yg akan dtg mempunyai ke islaman yg kuat seperti erdogan
ridho khairian
ridho khairian 13 hari yang lalu
@Marwan Erawan semoga aja,, seseorng yg cinta dgn tanah air, yg tdk mau tunduk kepara asing dan aseng,
Marwan Erawan
Marwan Erawan 14 hari yang lalu
doakan aja dapat pemimpin yang terbaik.. toh belum tentu rakyat indonesia cocok dengan gaya kepemimpinan erdogan
ridho khairian
ridho khairian 14 hari yang lalu
Gak lah.. Bosan liat para itu2 aja,, Nanti setlah generasi selanjutnya ,,
Aska
Aska 14 hari yang lalu
@ridho khairian kalo misalnya ada paling AHY, tapi pasti nasibnya sama kayak Prabowo
ridho khairian
ridho khairian 14 hari yang lalu
Jdi gebenener aja udah ketahuan boy... Boy... Yg lain lah
noora lee
noora lee 14 hari yang lalu
Allohu Akbar Barkalloh Khalifah erdogan
jea badoobee
jea badoobee 14 hari yang lalu
MasyaAllah ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ๐Ÿ’œ
Azka Keci
Azka Keci 14 hari yang lalu
Erdogan mantap jiwa
sunflowers dy
sunflowers dy 14 hari yang lalu
Allahu akbarโ™ก
The Lawyer Official
The Lawyer Official 14 hari yang lalu
Baru tau kalau Orhan Pamuk sekuler
Nengsih Hatimah
Nengsih Hatimah 14 hari yang lalu
Masyaallah.. Erdogan adalah sosok pemimpin dambaan negara muslim di dunia.. Takbir
Rosalina Oktavia
Rosalina Oktavia 14 hari yang lalu
Allahu Akbar
rial rahmat
rial rahmat 15 hari yang lalu
Sesungguhnya agama disisi Allah adalah Islam
rial rahmat
rial rahmat 15 hari yang lalu
MasyaAllah
rial rahmat
rial rahmat 15 hari yang lalu
Allahuakbar
rial rahmat
rial rahmat 15 hari yang lalu
Alhamdulillah
rial rahmat
rial rahmat 15 hari yang lalu
Subhanallah
Pohon NOW26
Pohon NOW26 15 hari yang lalu
Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar presiden Turki
Pohon NOW26
Pohon NOW26 15 hari yang lalu
Jerih payah Muhamad Al Fatih
Syamsiah Hussin
Syamsiah Hussin 15 hari yang lalu
ma sha Allah. Salute to President Erdogan. Takbirr! from Malaysia my idol :)
Sumzbas Gaming
Sumzbas Gaming 15 hari yang lalu
Kalo jamaah sholat subuh jumlahnya sama kayak jamaah sholat jumat baru tuh kita bisa ngomong kejayaan islam balik lagi!
Marwan Erawan
Marwan Erawan 15 hari yang lalu
dulu diawal awal korona sempat sama... sama sama kosong
nukman nasution
nukman nasution 15 hari yang lalu
Alhamdulilah semoga Ardogan diberi kesehatan oleh Allah Saw...?? From Indonesia
Asna Ahmad
Asna Ahmad 15 hari yang lalu
Maa Syaa Allah..
Wahyudin Udin
Wahyudin Udin 15 hari yang lalu
Sebodoh-bodohnya orang klo ditanya Coba lihat dari jauh itu bentuk Masjid / Gereja..??
Abdul Karim Baba
Abdul Karim Baba 15 hari yang lalu
Long live President Endrogen and the citizens of Turkey